Imunisasi Campak

Sabtu, 11 April 2009 ·


BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS IMUNISASI CAMPAK PADA BATITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SABBANGPARU KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO TAHUN 2009
Imunisasi campak merupakan usaha memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan memasukkan vaksin campak kedalam tubuh agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah terhadap penyakit campak, yang diberikan pada umur bayi 9-11 bulan. Faktor yang berhubungan dengan status imunisasi campak pada batita yang diteliti dalam penelitian ini adalah pendidikan ibu, pengetahuan ibu, aktivitas ibu, status anak, dan tempat pencarian pengobatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan status imunisasi campak pada batita di wilayah kerja Puskesmas Sabbangparu Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei (observasional) dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang berkunjung pada Puskesmas Sabbangparu tahun 2007. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Systematic Random Sampling, dengan besar sampel 151 bayi. Pengolahan data dengan menggunakan komputerisasi program SPSS dan analisis pada penelitian ini adalah univariat dan bivariat.
Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat pendidikan ibu (pValue = 0,000, φ = 0,347), pengetahuan ibu (pValue = 0,000, φ = 0,357), aktivitas ibu (pValue = 0,000, φ = 0,439), dan tempat pencarian pengobatan (pValue = 0,000, φ = 0,701) memiliki hubungan dengan status imunisasi campak pada batita. Sedangkan status anak (p Value=0,340) tidak memiliki hubungan dengan status imunisasi campak pada batita.
Perlu disosialisasikan lagi mengenai imunisasi campak dan penyakit campak oleh juru imunisasi dan kader-kader posyandu kepada ibu yang membawa anaknya imunisasi campak baik dipuskesmas maupun di posyandu (idn).
Jumlah Pustaka 36 (1993-2008)
Kata Kunci : Campak
EKA WULANSARI,SKM (Mahasiswa jurusan Epidemiologi FKM UNHAS)



0 komentar:

HIMAPID in Action

Distribusi Tempat

Distribusi Waktu

Feedjit

Hamster Epid

Jumlah Pengunjung