Faktor Risiko Stroke

Sabtu, 11 April 2009 ·


FAKTOR RISIKO KEJADIAN PENYAKIT STROKE PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD NENE MALLOMO KABUPATEN SIDRAP TAHUN2007

Stroke merupakan penyakit yang tingkat mortalitas dan morbiditasnya tinggi. Walaupun menurut data epidemiologi akhir-akhir ini cenderung menurun di negara maju tetapi meningkat di negara berkembang. Stroke merupakan salah satu penyebab gangguan otak pada usia produktif dan menempati urutan ketiga penyebab kematian setelah penyakit jantung dan kanker dan menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian di rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor risiko kejadian penyakit stroke pada pasien rawat inap di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan “Case Control Study”. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 136 orang, dengan kasus 68 orang dan control 68 orang atau dengan perbandingan 1 : 1. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data sekunder yang diperoleh dari rekam medik atau buku status penderita. Data dikumpulkan berdasarkan variabel yang diteliti yaitu hipertensi, penyakit jantung, hiperkolesterolemia, dan diabetes mellitus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistic Odds ratio (OR) untuk membandingkan antara kasus dan kontrol terhadap faktor risiko.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipertensi, penyakit jantung, hiperkolesterolemia dan diabetes mellitus memiliki hubungan yang bermakna sebagai faktor risiko kejadian penyakit stroke
Disarankan perlunya melakukan kontrol terhadap faktor risiko terjadinya stroke seperti pemeriksaan tekanan darah dan gula darah sehingga jika ditemukan adanya peningkatan tekanan darah dan kadar gula darah dapat dilakukan pencegahan secara dini. Perlunya penerapan gaya hidup yang lebih sehat seperti pengaturan pola makan dan menghindari konsumsi garam dan lemak berlebih Penyuluhan yang lebih intensif dari aparat terkait mengenai faktor risiko kejadian stroke agar masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan sehingga angka morbiditas dan mortalitas stroke dapat diminimalisir.(idn)

Daftar Pustaka : 39 (1996 – 2008)
Kata Kunci : Faktor risiko, Stroke
UPRIANAH (MAHASISWA JUR.EPIDEMIOLOGI FKM UNHAS ANGK.2005)

0 komentar:

HIMAPID in Action

Distribusi Tempat

Distribusi Waktu

Feedjit

Hamster Epid

Jumlah Pengunjung