FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN DEPKES MANADO TAHUN 2009

Minggu, 24 Mei 2009 ·


Permasalahan remaja yang berhubungan dengan perilaku seksual sudah semakin banyak, ini tercermin dari banyaknya kasus kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi, serta timbulnya berbagai penyakit menular seksual termasuk HIV dan AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual pada mahasiswa Politeknik Kesehatan Depkes Manado Tahun 2009.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain cross sectional study, Populasi adalah seluruh mahasiswa DIII Politeknik Kesehatan Depkes Manado Tahun Ajaran 2006-2008 sebanyak 1236 orang. Sampel adalah sebagian mahasiswa Politeknik Kesehatan Depkes Manado Tahun Ajaran 2006-2008 yang belum menikah sebanyak 293 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS dan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Uji analisis yang digunakan yaitu Uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku seksual mahasiswa nilai p = (0,001) < α (0,05), ada hubungan antara sikap dengan perilaku seksual mahasiswa nilai p = (0,016) < α (0,05), ada hubungan antara peran orang tua dengan perilaku seksual mahasiswa nilai p = (0,002) < α (0,05), ada hubungan antara peran teman bergaul dengan perilaku seksual mahasiswa nilai p = (0,000) < α (0,05), tidak ada hubungan antara pengawasan tempat tinggal dengan perilaku seksual pada mahasiswa nilai p = ( 0,130) > α (0,05), ada hubungan antara keterpaparan media massa dengan perilaku seksual mahasiswa nilai p = (0,000) < α (0,05).
Penelitian ini menyarankan perlunya informasi mengenai kesehatan reproduksi terutama masalah seksualitas dengan segala dampak dan risikonya, perlunya orang tua senantiasa menciptakan keharmonisan dan keterbukaan dalam keluarga serta memberikan pengawasan yang intensif bagi pergaulan remaja.

Kata Kunci :Perilaku seksual, mahasiswa
Salma Piter Yunus, Rismayanti, Wahiduddin



0 komentar:

HIMAPID in Action

Distribusi Tempat

Distribusi Waktu

Feedjit

Hamster Epid

Jumlah Pengunjung