Pelayanan Antenatal

Senin, 16 Februari 2009 ·

ABSTRAK
Mortalitas dan morbiditas pada wanita hamil dan bersalin adalah masalah besar di Negara Berkembang. Kematian saat kehamilan menjadi faktor utama mortalitas wanita dimasa produktivitasnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya kematian Ibu antara lain adalah pemeriksaan antenatal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan cakupan K4 pelayanan antenatal di wilayah kerja Puskesmas Tamalate Makassar tahun 2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan cross sectional study dengan menggunakan metode sistematik random sampling, besar sampel 194 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square,dengan α 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cakupan K4 pelayanan antenatal masih sangat rendah (47,9%). Dari hasil analisis didapatkan bahwa cakupan K4 pelayanan antenatal lengkap lebih banyak pada tingkat pengetahuan cukup (58,9%), jarak tempat tinggal dekat (48,1%), sikap petugas kesehatan yang baik (47,9%), ibu dengan dengan keluarga yang berperan (48,7%), ibu dengan umur 20-30 tahun (46,5%) dan ibu dengan paritas <1>4 (48,3%). Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan cakupan K4 pelayanan antenatal, sedangkan jarak tempat tinggal, sikap petugas kesehatan, peran keluarga, umur ibu dan paritas tidak memiliki hubungan dengan cakupan K4 pelayanan antenatal di wilayah kerja Puskesmas Tamalate.

Perlu adanya penyuluhan dari tenaga kesehatan tentang 5T dan manfaatnya serta ciri-ciri kehamilan yang berisiko terhadap kesakitan dan kematian dalam bentuk komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) pada ibu hamil dan keluarganya sehingga terjadi peningkatan cakupan K4 pelayanan antenatal.

Irma Muslimin
Jurusan Epidemiologi FKM Unhas Angk.2005


0 komentar:

HIMAPID in Action

Distribusi Tempat

Distribusi Waktu

Feedjit

Hamster Epid

Jumlah Pengunjung